Halaman

Kamis, Mei 17, 2012

Cara Identifikasi System Windows 32-Bit atau 64-Bit

Bit computer menentukan seberapa banyak data dapat diproses.Di system operasi Windows XP ,32-bit dan 64-bit adalah yang paling sering digunakan.Semakin tinggi hitungan bit yang digunakan,maka makin cepat komputer dapat memproses data.
Penting juga untuk mengetahui apakah computer menggunakan system 32-bit atau 64-bit,sehingga ketika anda menginstal program,aplikasi dan driver,maka anda akan merasa pasti bhwa apa yang diinstal kompatibel dengan versi windows anda.
Untuk mengetahui bit system operasi yang digunakan ada 2 cara yaitu sebagai berikut:
1.Menggunakan System Properties:
·         Klik menu “start” windows dan klik “Run” maka akan muncul command box.Ketikkan “sysdm.cpl”(tanpa tanda petik) dan tekan enter hingga muncul dialog box system properties.
·         Klik tab “Gab “Gerneral”.Anda akan merlihat informasi  mengenai system operasi anda.Jika anda memiliki komputer  yang berjalan  di system 64-bit,maka anda akan melihat tulisan “Windows XP Professional x64 Edition Version” dfibawah Systerm”.Jika komputer berjalan di System 32-bit,maka anda hanya akan melihat “Windows XP”(home or professional) dibawah “System”.
·         Tutup dialog box “System Properties”.
2.Mengggunakan jendela System Information:
·         Klik menu “Start” Windows,klik “Run” untuk launching command box.
·         Ketik  “winmsd.exe” (tanpa tanda petik) dan tekan enter hinggga muncul jendela System Information.
·         Klik “System Summary” di panel navigasi dan lokasikan “Processor” di bawah “Item” di detailnya.
·         Jika value processor mulai dengan x86,maka komputer anda berjalan dengan versi 32-bit dan jika value processor mulai dengan ia64 atau AMD64, maka komputer anda berjalan di system Windows 64-bit.
·         Tutup jendela System Information.

Tidak ada komentar: